Kamis, 25 Juli 2019

Kelebihan dan kekurangan pinjaman modal usaha dari bank||danatunaikarawangexpres




Keraguan sebelum membuka bisnis memang hal yang pasti dialami oleh seorang pebisnis pemula, tetapi hal yang paling selalu dipikirkan adalah modal usaha. Kesulitan dalam mencari modal usaha dapat diatasi dengan mengajukan pinjaman usaha dari bank. Namun apakah keuntungan dan kekurangan mengajukan pinjaman modal usaha dari bank?

Keuntungan Pinjaman Modal Usaha Bank

  • Relatif Mudah

Jika Anda adalah nasabah yang rutin menyimpan uang dan selalu membayar kredit tepat waktu, sangat besar bagi Anda untuk mudah mengajukan permohonan kredit untuk usaha. Prosesnya juga relatif mudah dibantu oleh bank masing-masing.
  • Bunga Rendah

Biasanya bank memiliki bunga yang rendah, tergantung banknya masig-masing. Pilih pinjaman dan bank sesuai bunga dan biaya yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Pastikan Anda harus dapat mengembalikannya di kurun waktu yang telah ditentukan.
  • Tidak Ada Campur Tangan Bank

Bank disini posisinya hanya sebagai pemberi pinjaman dan tidak akan ikut campur di dalam bisnis yang Anda jalankan dengan uang yang bank pinjamkan. Hal yang akan bank pantau hanyalah pengembalian kredit di waktu yang dibataskan secara teratur.
  • Keamanan Terjamin

Saat kita mengajukan pijaman kepada bank, kita akan diberikan jaminan berupa surat agunan yang keamanannya dijamin karena semuanya tertera di surat tersebut. Sebaliknya, jika Anda meminjam kepada orang atau lembaga yang tidak dapat dipercaya dan tidak mendapatkan agunan, surat tersebut dapat disalahgunakan dan menjadikannya tidak aman.
  • Tersedia Banyak Jenis Pinjaman

Terdapat banyak pilihan angsuran serta jenis pinjaman seperti KUR, KTA, Kredit Multiguna dan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita.

Kekurangan Pinjaman Modal Usaha Bank

  • Proses yang Rumit

Mendapatkan pinjaman bank memang relatif mudah, tetapi proses yang panjang merupakan salah satu kerugiannya. Banyak prosedur dan langkah-langkah yang harus Anda lewati sebelum akhirnya uang cair.
  • Membutuhkan Banyak Waktu

Proses yang rumit membutuhkan banyak waktu sehingga pinjaman modal usaha dari bank mungkin bukan solusi yang tepat bagi Anda yang butuh dana cepat.
Jika Anda adalah nasabah prioritas yang sudah pernah mengajukan pinjaman mungkin alurnya akan lebih mudah dan lebih cepat jika background keuangan Anda sebagai nasabah di bank tersebut baik.
  • Nominal Pinjaman yang Tidak Sesuai

Pada saat Anda mengajukan pinjaman untuk modal usaha, nominal tersebut akan diperkirakan oleh bank, apakah nominal tersebut terlalu banyak atau tidak. Jika bank merasa lebih rendah biaya yang dibutuhkan oleh nasabah, berarti nasabah harus menrima nominal tersebut atau mencari tambahan dari yang lain.

Copas : sumber tokopedia

0 komentar:

Posting Komentar